Mengenal Makanan

Jumat, 08 Mei 2009

Defenisi
Makanan merupakan bahan yang bersumber dari tumbuhan atau hewan untuk dikonsumsi oleh makhluk hidup dengan tujuan memberi tenaga atau nutrisi.
Fungsi makanan
Makanan sangat vital perannya oleh kehidupan. Pola rantai makanan seakan menjadi harga mutlak guna menyambung umur. Kandungan dari makanan sangat beraneka ragam mulai yang berkhasiat hingga berbahaya..Makanan umumnya mengandung senywa organik seperti Karbohidrat, Proten, Lemak dan garam mineral. Seluruh senyawa ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sebut saja Karbohidrat yang penting bagi penghasil energi kita, nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat. Protein berfungsi sebgai pembangun otak dan pertumbhuan tubuh..Lemak difungsikan sebagai cadangan energi, karena lemak dapat terpecah menjadi gulkosa saat tubuh kekurangn Karbohidrat..dan zat gizi lain dengan perannya.
Jenis makanan
Manusia sejak dahulu telah mencukupi makanan dengan bertani dan berternak. Makanan dari hewan disebut dengan hewani sedangkan dari tumbuhan disebutkan dengan nabati..Mereka yang di sebutkan Vegetarian adalh yang tidak memakan hewan/daging.
Ciri kebutuhan makanan
Disetiap negara berbeda pula jenis dan pola kebiasaan memakan. Jika didaerh dingin (kutub) lebih banyak makan yang dikonsumsi ini sebagai pola untuk menjaga suhu tubuhnya. Di negara berkembang lebih menyukai makanan cepat saji seperti hamburger atau hotdog..sedangkan di Indonesia sendiri mayarakt umumya menkonsumsi nasi sebagai makanan pkok..Jadi dapat disimpulkan bahwa disetiap negara dengan perbedaan kultur dan musim dipastikan mempunyai pola dan selera makan yang berbeda.

0 komentar: