Makanan yang sehat = investasi hidup

Senin, 20 April 2009


Semua orang pernah menderita suatu penyakit, baik ringan hingga berat. Penyakit datang dari beberapa penyebab namun penyebab yang paling sering bersumber dari makanan.
Sebegitu pentingkah makanan??..jawabannya tentu saja sangat penting. Banyak penyakit berat bersumber dari makanan atau pola makan yang salah. Seperti hipertensi, asam urat, ginjal, kolestrerol bahkan kanker. Makanan memang erat kaitannya dengan kondisi kesehatan.
Lantas apakah sulit menjaga ploa makan yang baik..jawabnnya tidak.Semua bergantung dari diri anda.

Berikut Tips Pola makan yang baik :
1. Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak (kolesterol tinggi)
2. Jangan terlalu sering menambahkan penyedap makanan yang berlebihan, konsumsi secukupnya karena ini dapat memacu kanker. Cth : tambahkan MSG secukupnya saat anda memasak, gunakan saus ,kecap atau tambahan lain secara tidak berlebih.
3. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran.Vitamin, mineral, air, zat fitonutrien, antioksidan dan serat di dalam bahan pangan ini sungguh anugerah yang luar biasa. Selain badan menjadi sehat dan bugar, andapun terbebas dari risiko beragam penyakit seperti kanker karena kebanyakan buah dan dan sayuran mengandung serat yang dapat mengikat zat karsinogen penyebab kanker saluran pencernaan.
4. Teknik pengolahan juga harus diperhatikan. Mulai dari alat pengolahan yang higyenis, tempat/dapur yang bersih serta lakukan dengan metode memasak di kukus, di rebus atau di tumis dengan sedikit minyak. Metode menggoreng, memanggang dan di bakar kurang disarankan, selain mengandung banyak lemak, metode memasak ini juga merusak nilai gizi makanan karena panas tinggi. Apalagi makanan dibakar seperti satai misalnya, makanan yang gosong karena dibakar dapat memicu timbulnya kanker.
5. Perbanyak konsumsi air putih. Air putih adalah perlindungan utama menjaga kesehatan tubuh dan keseimbangan cairan tubuh.
6. Lupakan fast food / junk food. Boleh tapi jangan terlaru sering mengkonsumsinya.

Percayalah bahwa menjaga pola makan hidup kita berarti kita menghindari penyakit yang tidak kita inginkan.
Semoga tulisan saya ini bermanfaat :).

0 komentar: